Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Liburan Hemat namun Tetap Berkesan

Tips Liburan Hemat namun Tetap Berkesan

Setelah menjalani berbagai aktivitas dan pekerjaan yang begitu banyak dan melelahkan, tidak ada salahnya untuk menyenangkan diri sendiri dengan cara pergi liburan ke tempat wisata atau tempat tertentu yang diinginkan. Dengan begitu, pikiran akan menjadi lebih fresh kembali dan siap untuk beraktivitas kembali tanpa takut stress.

Memang sih yang namanya liburan itu selalu identik dengan biaya pengeluaran yang lumayan besar, mulai untuk biaya transportasi, biaya menginap, biaya makan ,tiket wisata, oleh-oleh dan biaya pengeluaran lainnya. Namun sebenarnya, yang terjadi tak selalu demikian. Berikut ini, kami bagikan beberapa tips supaya liburan Anda bisa menjadi lebih murah dan hemat yang tidak membuat dompet bolong atau kanker alias kantong kering. Penasaran apa saja tipsnya? Simak yuk!

Tips Liburan Hemat namun Tetap Berkesan

1. Melakukan riset

Sebaiknya hal yang pertama kali Anda lakukan adalah tentukan terlebih dahulu tujuan wisata yang ingin dikunjungi jauh-jauh hari sebelum berangkat liburan. Kemudian lakukan pencarian di internet mengenai harga, akomodasi dan akes menuju lokasi wisata tersebut, fasilitas yang tersedia, dan sebagainya. Anda juga bisa bertanya kepada orang yang sudah pernah berkujung ke destinasi wisata tersebut seperti teman atau kerabat terdekat Anda. Nah dari informasi itu, Anda bisa memikirkan strategi, bagaimana caranya supaya bisa menekan seminim mungkin biaya pengeluaran untuk perjalanan liburan Anda nanti. 

2. Tidak membeli oleh-oleh di touris spot

Biasanya, setiap kali pergi liburan, tak lupa kita membeli oleh-oleh atau buah tangan khas dari daerah wisata yang kita kunjungi. Sebaiknya jangan membeli oleh-oleh di touris spot karena biasanya harganya pasti mahal. Jika ingin membeli oleh-oleh pilihlah di pasar tradisional saja karena harganya lebih bersahabat dan terjangkau, dengan kualitas yang tidak jauh beda. Dengan begitu pengeluaran bisa di minimalisir dan tetap bisa membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut. 

3. Menginap di hotel capsule

Jika Anda ingin liburan terasa murah, cobalah untuk menginap di hotel capsule atau kos-kosan yang bisa bayar harian. Biaya menginap di hotel capsule cukup murah yakni sekitar 30 ribuan atau kos-kosan harian sekitar 25 ribuan – 50 ribuan.

Meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak sebagus hotel bintang, setidaknya Anda bisa mengistirahatkan tubuh Anda dari lelahnya perjalanan dari rumah menuju lokasi liburan. Jika ingin menginap di kos-kosan harian, cobalah cek di aplikasi pencari kos harian yang banyak tersedia di google playstore. Lebih baik lakukan booking dahulu sebelum menuju lokasi daripada kehabisan kamar untuk istirahat. 

4. Makan di wateg atau di pinggir jalan

Makanan sehat dan enak tidak selalu berada di restoran mahal. Tetapi bisa juga didapatkan di gerobak-gerobak pinggir jalan dan warteg. Yang penting Anda pilih yang tempatnya bersih dan ramai pengunjung. Jadi pengeluaran biaya untuk makan bisa lebih hemat.

5. Naik angkutan umum atau transportasi online

Naik angkutan umum untuk menuju ke tempat wisata sangat membantu, karena harganya yang murah. Angkutan umum juga ada di tiap kota yang akan memudahkan anda berpindah dari satu lokasi wisata ke lokasi wisata yang lain.

Tetapi memang cukup ribet dan dari segi kemanan juga tidak terlalu bagus, serta kadang akan memakan waktu lama, karena seringkali angkot lebih banyak ngetem. Saran kami, jika ingin lebih cepat dan efisien, naiklah ojek online seperti gojek, grab bike, atau lainnya. Dan jika liburan beramai-ramai, cobalah order grab-car atau go-car, lumayan murah dibanding taksi konvensional.

Jika Anda ingin liburan ke tempat wisata yang menarik dan seru. Anda bisa pergi liburan ke Kota Bandung. Kalau Anda berasal dari derah Jakarta, Anda bisa membeli tiket kereta Jakarta Bandung dengan harga yang miring.

Nah, itulah beberapa tips liburan hemat yang bisa anda terapka. Semoga bermanfaat!